"Mobile App LPDP": Lengkap dan Nggak Ribet




Hmmm well, nama saya Basytyan Kardinal Pratama. Saya awardee LPDP yang tergabung di PK angkatan ke-45, Gelora Nusantara. Kalau temen-temen menemukan sebuah mobile application dengan nama "LPDP" di Google Play Store, naah itu buatan saya :)

Ide ngebuat aplikasi LPDP ini muncul saat saya sedang mencari-cari materi tentang LPDP untuk persiapan seleksi wawancara. Dari hasil blog walking, saya menemukan ternyata banyak dari peserta seleksi LPDP maupun para awardee sebelumnya membagikan pengalaman dan kesan-kesan mereka saat mengikuti seleksi. Materi-materi tersebut lalu saya grab satu per satu, agar bisa terpusat. Rasanya memang agak ribet karena harus akses via web browser dan banyak-banyak buka tab hehe.

Dari sinilah kemudian muncul ide, kenapa nggak saya coba buat mobile application yang berisi materi LPDP. Apalagi saat saya cari-cari di Google Play Store pun ternyata belum ada yang membuat mobile application LPDP, bahkan dari LPDP sekalipun, yang memuat informasi secara terpusat dan lengkap seperti yang saya bayangkan.

Saya juga membayangkan kalau materi tersebut bisa diakses secara online maupun offline. Jadi saat nggak ada koneksi internet, kita tetep bisa akses konten-konten LPDP. Prepare saja buat diri sendiri, jaga-jaga kalau pas wawancara, ternyata gedungnya nggak bisa tembus jaringan internet hehe.


Dan saya pun mulai bekerja.

Hal pertama yang saya lakukan adalah membuat daftar-daftar atau list fitur yang ingin dibuat untuk mobile application LPDP, dilanjutkan mendesain aplikasi tersebut serta merancang dan membuat aplikasinya. Sekadar informasi, aplikasi ini dikembangkan menggunakan tools Android Studio dan bahasa pemrograman Java.

Pada tahap pembuatan daftar list fitur mobile app LPDP, saya ada ide untuk memberikan fitur Tips&Trik dan Forum. Saya berpikir, seandainya saya terpilih sebagai awardee, pada konten Tips&Trik ini akan diisi oleh para awardee LPDP. Dimulai dari PK angkatan saya. Harapannya adalah para user yang memakai aplikasi ini akan mendapatkan update Tips&Trik tiap minggunya dari masing-masing para awardee dalam menempuh bahkan bisa sampai lulus seleksi LPDP pada masing-masing tahapannya.

Fitu-fitur yang bisa dimanfaatkan oleh para user mobile app LPDP di antaranya adalah:

  1. Profil LPDP (Sejarah, Visi-Misi & Fokus, Makna Logo, Nilai & Budaya, Struktur Organisasi, Dewan Penyantun, Dewan Pengawas, Direktur, Laporan Keuangan) 
  2. Beasiswa (Magister dan Doktor, Tesis dan Disertasi, Afirmasi, Spesiaslis Kedokteran, Presidensial) 
  3. FAQ 
  4. Tips & Trik 
  5. Berita 
  6.  Pengaturan Bahasa Indonesia atau Inggris 
  7.  Feedback

Cara pakainya juga mudah. User dapat menggunakan aplikasi ini dengan mengunduhnya secara gratis di Google Play Store. Alamat aksesnya: LPDP
 


Semua informasi yang ada pada web lpdp.kemenkeu.go.id, hampir semuanya dapat diakses mealui mobile app LPDP ini. Saat ini saya sedang melakukan negosiasi langsung dengan tim IT dan Markom LPDP untuk bisa bersinergi lebih lanjut, agar konten yang ada di mobile app ini mendapatkan akses di satu jalur yang sama. Jadi, jika terdapat update pada website, akan secara langsung terupdate juga di mobile app LPDP.

Selain itu, saya lagi ngembangin fitur Forum, tempat para user bisa berinteraksi secara langsung melalui aplikasi mobile ini, dan fitur Tips&Trik secara utuh. Ke depannya, saya pun ingin menambahkan beberapa  konten atau materi yang dibutuhkan para awardee saat mengikuti kegiatan Persiapan Keberangkatan (PK), seperti Mars LPDP, Ikrar Penerima Beasiswa LPDP, dll.

Well, rasanya senang sekali bisa mengembangkan mobile app LPDP ini hanya dalam waktu kurang lebih 2 minggu. Alhamdulillah juga, respon dari para user sangat positif, membuat saya lebih semangat untuk mengembangkan aplikasi ini lebih lanjut. Harapan saya semoga aplikasi ini dapat membantu para kandidat penerima beasiswa untuk mendapatkan informasi lengkap tentang LPDP maupun para awardee untuk berbagi pengalaman. Semoga karya ini juga dapat menjadi bagian dari kontribusi untuk membangun dan mencetak generasi-generasi emas Indonesia.

 

 -------------------------------------
Ditulis oleh Basytyan Kardinal Pratama
Angkatan-45 "Gelora Nusantara"
MBA CCE, Institute Teknologi Bandung 



*********
kata teman-teman ...

"Mobile application LPDP ini sangat membantu. Informasi yang disajikan sama lengkapnya dengan website LPDP. Karena applikasi ini dapat diakses tanpa harus ada koneksi internet sehingga sangat praktis dan bermanfaat. Terima kasih Basyt, terima kasih Gelora Nusantara PK-45, untuk karya nyatanya yang luar biasa!” --- Rachmat Adi Rianto, ketua PK dan Pasca-PK-45.


“Basyt yang sadar kamera itu buat mobile app LPDP? Ajib bener dan aplikasinya juga sangat membantu saya untuk menghafal seluk beluk LPDP sebelum PK. Semoga aplikasi ini membawa LPDP lebih dekat dengan masyarakat. Ditunggu aplikasi kece lainnya ya Basyt!” --- Irene Anindyajati Retmana, Drug Innovation di Utrecht University.


“Make sure you’ve had it installed in your device before asking someone next to you about LPDP, then you ‘ll be a self-informed candidate/awardee without worrying about missing any piece of information. Definitely give this app a 5-star and worth a try! Highly recommended and kudos to the developer! Good luck Bas-IT!” --- Hijjaz Sutriadi, Environmental Sciences di Wageningen UR.


“This app is awesome. Sangat membantu saya untuk mengetahui banyak hal tentang LPDP apalagi di saat tidak sempat browsing. Praktis banget!” --- Nini Salwa Istiqamah, International Relations di Australian National University.

“Aplikasi inovatif yang gak disangka hanya dibuat 2 minggu sama Mas Basyt. Aplikasinya sangat diapresiasi oleh anak-anak fisioterapi Unhas untuk lebih mengenal tentang LPDP dan persiapan seleksi. Top Banget. Ditunggu versi ios-nya yaaaah.” --- Triana Karnadipa, Msc Physiotherapy di Cardiff University.

Nor Ismah

Genta | Gelora Nusantara | Persiapan Keberangkatan angkatan 45 penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Indonesia