5 Alasan Kenapa Kamu Harus Daftar LPDP Sekarang Juga


Eh tau ga, dia sekarang udah di Aussie lanjut s2 lho.”
“Oh ya, keren banget. Kok bisa?”
“Ya bisalah. Dia tembus LPDP. Eh, daftar juga yuk!

Ngomongin soal beasiswa atau sekolah di luar negeri pasti selalu excited.  Rasanya ingin juga bisa ngedapetin kesempatan yang sama. Laah, kenapa enggak? Apalagi sekarang sudah ada beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Buat temen-temen fresh graduate atau yang lagi konsen (baca: stres) ngerjain skripsi, beasiswa ini memang tepat sekali buat dijadiin the next big goal in your life.

Beasiswa yang dibuat dari hasil kerjasama tiga kementerian, yaitu Kementerian Agama, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ini bener-bener bakal memfasilitasi kamu buat kuliah di universitas terhebat dunia. Dengan syarat, kamu memang punya visi dan siap turun tangan untuk Indonesia yang gemilang.

Masih juga belum yakin? Nih saya kasih alesan-alesan keren kenapa kamu harus daftar beasiswa LPDP sekarang juga!

1.     Di LPDP kamu bakal punya jaringan dengan orang-orang terpilih dari seantero Indonesia

Generasi Muda Indonesia
 Setelah kamu dinyatakan lulus tes, LPDP akan membuat kegiatan yang dinamakan Persiapan Keberangkatan (PK). Di PK ini kamu bakal ketemu sama awardee (penerima beasiswa) LPDP lain dari seluruh Indonesia. Bayangin, mendadak punya temen ratusan dengan kualitas yang tak diragukan lagi. Kamu bisa nyatuin ide, merancang cita-cita dan hal-hal amazing bareng orang-orang keren dari Nusantara. Jaringan ini nggak akan berhenti hanya sampai PK, tapi hingga kamu selesai kuliah dan kembali ke Indonesia. Kamu sudah punya mereka buat ngerancang masa depan kamu dan Indonesia agar lebih baik lagi. Mantep banget ga tuh?

2.    Mimpi ketemu Anies Baswedan, Ridwan Kamil, atau tokoh hebat Indonesia lainnya? LPDP bakal nyediain insan-insan keren seperti mereka eksklusif buat training kamu!

Anis Baswedan
Saat kegiatan PK, LPDP terus berkomitmen buat ndatengin tokoh-tokoh yang sudah terbukti kontribusinya di Indonesia. Karena para awardee ini dipersiapkan untuk menjadi pemimpin Indonesia masa depan, menghadirkan tokoh inspiratif secara langsung adalah metode efektif untuk mentransfer pengalaman yang awardee perlukan tuk masa depan mereka. Selama ini kamu cuma bisa ngarep ketemu mereka kan pas liat mereka di sosmed atau televisi kan? Ngaku hayo.

3.    Was-was uang beasiswa kurang untuk kebutuhan sehari-hari pas kuliah? LPDP gak setega itu kali biarin kamu laper saat ngerjain tesis atau disertasi.

Sejauh ini, para penerima beasiswa LPDP ga pernah mengeluh karena kurangnya dana untuk memenuhi kebutuhan mereka selama kuliah. Setau saya, LPDP sudah melakukan survey yang cukup detil mengenai uang yang mereka harus beri kepada awardee di berbagai kota tujuan dengan menyesuaikan standar dengan taraf hidup warga setempat. Care banget kan LPDP sama kamu nanti?

4.        Buat kamu yang ngerasa salah jurusan atau memang mau fokus ke satu hal di bidang yang kamu suka, LPDP ga ada masalah tuh dengan jurusan apa yang bakal kamu ambil.

Follow your passion
Masalah yang cukup umum nih di kalangan S1, ngerasa salah jurusan atau bukan panggilan jiwanya di situ. Setau saya, selama kamu bisa mempertanggungjawabkan pilihan jurusan selanjutnya, punya visi yang jelas atas masa depan kamu dan Indonesia serta kamu memang sudah punya bukti hasil nyata dengan passion kamu, kamu masih punya kesempatan yang besar banget untuk lolos LPDP. Fokus LPDP sendiri juga bukan hanya di satu bidang, dari maritim sampai bahasa, LPDP siap biayain studi kamu. Trust me friends, LPDP can be your turning point in your life and start to live a life that you really want. It’s time to follow your passion!
  
5.    Takut abis kuliah harus mengabdi ke perusahaan atau kontrak kerja dengan pemerintah? LPDP ga syaratin itu. LPDP Cuma minta satu hal

Bhakti pada Negeri
Balik ke Indonesia! Ga susah kan? Toh orang tua yang kamu mau bahagiain juga masih tinggal di tanah air, sahabat-sahabat kamu juga masih asyik nungguin kamu di Indonesia. Terus kenapa harus keberatan dengan syarat ini? Cuma, pas saat seleksi tentu tim LPDP gak hanya liat kemauan kamu kembali ke Ibu Pertiwi, tapi juga apa yang bisa kamu lakuin buat negeri ini, yang dengan uang negara kamu disekolahin ampe tuntas. Please lah, kamu dari bayi ampe sekarang juga tinggal di sini masa masih ga mau berbakti juga kalo udah disekolahin gratis nantinya. 

Nah, bagaimana? Sekarang jadi pede kan buat daftar LPDP. Kenapa masih bengong. Ayo cepet-cepet deh buka lpdp.depkeu.go.id untuk daftar beasiswa terkeren yang buka sepanjang tahun ini. Good luck for your future, mates! Indonesia is waiting for your contribution.


_______________________________________________
Ditulis oleh Huud Alam, PK-45 LPDP “Gelora Nusantara”
M.Sc candidate at Newcastle University, United Kingdom.

Nor Ismah

Genta | Gelora Nusantara | Persiapan Keberangkatan angkatan 45 penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Indonesia